GBHK 2017

GARIS-GARIS BESAR HALUAN KERJA (RGBHK)
HIMPUNAN MAHASISWA SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOGI
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
PERIODE XIII
TAHUN 2017/2018

A.    PENDAHULUAN
            Garis-garis besar haluan kerja adalah rumusan kebijakan yang menjadi referensi dan orientasi acuan bagi pengurus/fungsionaris Hima Sosiologi dan Antropologi untuk menentukan program  kerja dan kebijakan organisasi dalam satu periode kepengurusan. Dengan adanya RGBHK ini diharapkan perjalanan kepengurusan akan berjalan sesuai dengan rel atau aturan yang ada, selain itu juga sebagai  tolak ukur bagi arah dan tujuan perjalanan organisasi. Dengan adanya RGBHK diharapkan perjalanan organisasi dalam mengemban amanat KKMJ Sos & Ant FIS Unnes untuk dapat menjadikan organisasi yang dinamis dan solid dalam melaksanakan visi dan misi bagi pengembangan organisasi.
B.     ORIENTASI UMUM
            Bahwa semua kegiatan diarahkan pada pembentukan dan peningkatan cakrawala intelektual dalam insane akademis, pengembangan Tri Dharma PerguruanTinggi, dalam arti yang lebih jauh adalah peningkatan peran mahasiswa jurusan Sosiologi dan Antropologi terhadap pengembangan kampus dan perkembangan masyarakat luas.

C.    ORIENTASI KHUSUS
            Untuk dapat mencapai orientasi umum di atas, maka diperlukan adanya bagian-bagian yang secara fungsional akan menjalankan perannya sehingga hal-hal yang berhubungan dengan status, peran, dan tanggungjawab dari tiap-tiap bagian terjadi pembagian fungsi yang tegas dan jelas. Bagian-bagian fungsional tersebut diwujudkan dalam bentuk Departemen-departemen dan BSO.
            Pelaksanaan teknik yang secara otomatis tiap-tiap departemen dan BSO tersebut mempunyai kekhasan berdasarkan bidang masing-masing sedangkan untuk jenis departemen  yang secara struktural dan fungsional akan diwujudkan orientasi umum dan khusus dari Hima Sosiologi dan Antropologi maka dibentuklah enam departemen dan satu BSO, yaitu departemen A, B, C, D, E, F dan BSO.
Penjelasan dan sasaran dari tiap-tiap departemen dan bidangnya sebagai berikut:
1.      Departemen A      : Penalaran (Bidang Pengkajian Ilmu Pengetahuan)
2.      Departemen B      : Bakat, Minat, dan Seni
3.      Departemen C      : Advokasi
4.      Departemen D      : Politik, Sosial, dan Budaya
5.      Departemen E      : Pengembangan Organisasi
6.      Departemen F      : Media Komunikasi dan Informatika

D.    PENJELASAN DEPARTEMEN
a.        BIDANG PENALARAN (PENGKAJIAN ILMU PENGETAHUAN)
Kegiatan bidang pengkajian ilmu pengetahuan diarahkan pada terciptanya kondisi yang kondusif bagi pengembangan dan sasaran yang diinginkan. Sasarannya adalah:
1.         Meningkatkan suasana yang kondusif dan produktif pada kegiatan ilmiah.
2.         Meningkatan profesionalisme pada disiplin ilmu Sosiologi dan Antropologi.
3.         Mengembangkan wawasan berfikir seperti cendikiawan pada mahasiswa agar terciptanya kehidupan kampus yang kritis, idealis, dan dinamis.
4.         Mengembangkan sikap ilmiah mahasiswa.
5.         Membimbing dan mendorong mahasiswa untuk mengikuti LKTI/PKM/LKIP yang bekerja sama dengan bidang lain.
6.         Memberikan sumbangan yang membangun pada lingkungan baik akademis maupun non akademis tentang penyelesaian suatu masalah aktual yang dihadapi.
7.         Melakukan kajian-kajian berkaitan dengan wacana  lokal, nasional, maupun internasional, guna mengembangkan wacana dan memberdayaan ilmu Sosiologi dan Antropologi. Dan berhak untuk mengambil kebijakan taktis dan strategis berkaitan dengan segala program yang telah dicantumkan dalam Rapat Kerja (Raker).

b.      BIDANG BAKAT, MINAT, DAN SENI
Program yang menyangkut bidang ini diarahkan pada pengembangan potensi dan kreativitas yang sesuai dengan bakat dan minat, sasaran yang akan dicapai adalah:
1.         Pengembangan potensi dan kreativitas mahasiswa Sosiologi dan Antropologi sesuai dengan bakat yang dimiliki.
2.         Menjadikan kampus sebagai wadah kegiatan mahasiswa untuk mengembangkan bakat, minat dan seni.
3.         Meningkatkan potensi mahasiswa kearah peningkatan prestasi mahasiswa, baik di dalam dan di luar kampus
4.         Bakat, minat dan seni dijadikan sebagai media yang menunjang proses belajar mengajar. Dan berhak untuk mengambil kebijakan taktis dan strategis berkaitan dengan segala program yang telah dicanangkan dalam Raker.


c.       BIDANG ADVOKASI
Bidang ini dititik beratkan pada pemenuhan-pemenuhan kebutuhan dasar mahasiswa yang dapat menunjang proses belajar mengajar. Sasarannya adalah:
1.    Memberikan pelayanan kepada Mahasiswa Sosiologi dan Antropologi missal dalam bentuk pelayanan komunikasi, informasi, maupun administrasi.
2.    Mendampingi mahasiswa yang bermasalah dan menyelesaikan masalah tersebut dengan maksimal.
3.    Memperjuangkan hak-hak mahasiswa dalam bidang akademik dan birokratik.
4.    Mengadakan kegiatan-kegiatan yang sudah terpolakan seperti pendelegasian dan lain-lain. Dan berhak untuk mengambil kebijakan taktis dan strategis berkaitan dengan segala program yang telah dicanangkan dalam Raker.

d.      BIDANG POLITIK, SOSIAL, DAN BUDAYA
Bidang ini diarahkan pada upaya peningkatan pola fikir mahasiswa Sosiologi dan Antropologi, pembangunan bangsa dan negara serta upaya menciptakan stabilitas nasional yang sama demi terciptanya masyarakat yang kita dambakan. Sasarannya adalah :
1.    Pengembangan bidang sosial dan budaya pada kepedulian rasa solidaritas yang tinggi dalam mewujudkan masyarakat yang madani.
2.    Mengoptimalkan peran Hima Sosiologi dan Antropologi dalam rangka pengembangan dan pembinaan generasi muda dalam kehidupan sosial masyarakat.
3.    Peningkatan kegiatan mahasiswa Sosiologi dan Antropologi yang menyeluruh dan meningkatkan pola pikir serta perilaku masyarakat sekitarnya.
4.    Responsif dan aktif terhadap isu-isu sosial, budaya, kondisi bangsa dan lingkungan masyarakat.
5.    Mengambil kebijakan taktis dan strategis, mengenai keputusan strategis, administratif dan operasional. Dan berhak untuk mengambil kebijakan taktis dan strategis berkaitan dengan segala program yang telah dicanangkan dalam Raker.

e.       BIDANG PENGEMBANGAN ORGANISASI
Bidang ini diorientasikan pada pengembangan sumber daya mahasiswa Sosiologi dan Antropologi dan pengembangan organisasi Hima Sosiologi dan Antropologi. Sasarannya adalah:
1.      Melakukan penelitian, koreksi, serta penataan terhadap segala kondisi yang berkaitan dengan perkembangan organisasi kemahasiswaan khususnya Hima Sosiologi dan Antropologi.
2.      Mengadakan pengkaderan terhadap mahasiswa di lingkungan Jurusan Sosiologi dan Antropologi.
3.      Merencanakan dan membangun lembaga kemahasiswaan yang efektif. Dan berhak untuk mengambil kebijakan taktis dan strategis berkaitan dengan segala program yang telah dicanangkan dalam Raker.
f.       BIDANG MEDIA KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
Bidang ini diorientasikan pada pengembangan sumber daya dan media komunikasi organisasi Hima Sosiologi dan Antropologi sasarannya adalah:
1.    Pengembangan potensi mahasiswa Sosiologi dan Antropologi di bidang media komunikasi dan informatika.
2.    mengembangan mahasiswa dalam bidang ilmu dan teknologi secara tepat guna sebagai perwujudan kehidupan yang mengikuti perkembangan zaman.
3.    Peningkatan kualitas di bidang IT kepada mahasiswa Sosiologi dan Antropologi dan masyarakat luas.

4.    Memberikan sarana informasi dan komunikasi yang menggerakkan wacana dalam kehidupan mahasiswa pada umumnya. Serta berhak untuk mengambil kebijakan taktis dan strategis berkaitan dengan segala program yang telah dicanangkan dalam Raker.

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar